Friday, November 9, 2012

Cara Setting Router Tp-Link MR3420 dengan Modem Smart


Saya baru saja mengkonfigurasi Tp-Link Router TL-MR3420 dengan modem Smart Evdo.... punya teman saya, hebatnya saya setting hingga 2 gelas kopi habis itu pun belum juga selesai setingganya karena memang pada dasarnya tidak tau, padahal kalau orangya ahli mungkin cuman butuh beberapa menit saja, tetapi saya tidak mau putus asa saya harus mencoba dan mencoba.
setelah saya mencoba browsing tutorialnya ternyata yang di tampilkan sama OM google tidak sesuai keinginan saya yang di tampilkan malah type yang lain.
maaf kalau artikelnya ecek-ecekan karena saya hanya mencoba sharing apa yang saya lakukan.

Setting TP-LINK MR3420 dengan modem Smart

Hal pertama yang harus dilakukan buka web brower Mozilla, IE dan lai-lain kemudian kita ketikan pada url:http//192.168.1.1 ( itu adalah alamat ip router tp link), yang biasanya tertera di belakang router TP link, disini saya menggunakan Mozill.
kemudian nanti akan muncul username dan password, 
Masukan user name :  admin
Password                :  admin
kemudian di OK aja kemudian
Status akan muncul, tapi usb modem kita belum terdeteksi, makanya kita tidak bisa langsung internetan, caranya dengan mengupgrade Router TP LINK  secara manual.
kita harus mengapgrade tp link kita dengan mendownload frimware update di tp link  
dowload yang ini ya  TL-MR3420_V1_120523 
setelah itu kita save.
setelah kita save kita ekstrak sehingga kita mendapat frimware tp link MR3420 dalam bentuk * bin * file
setelah kita dapat frimware dalam bentuk bin kita buka menu system tool > firmware update>
nah lalu kita masukan firmware dalam bentuk bin itu tadi, kalau bukan bentuk bin, nggak mau
setelah itu upgrade.
setelah itu klik quick setup >next >terus tinggal klik klik aja 
terus kita tinggal pilih lokasi kita dimana.
tinggal klik juga
setelah selesai nanti modem kita bisa terdeteksi, terus nanti bakal muncul nomer IP dan DNS
nah fungsi router buat apa. kalau di tempatku saya pakai buat sharing, jadi  satu  modem bisa di pakai rame rame, biar irit, kompuer lain (klien ) tinggal nyolokin aja.
tapi nggak cuman colok, harus di setting lagi, 

kalau saya caranya menyamakan DNS server komputer klien dengan DNS yang kita dapat dari TP link waktu kita setting tadi.
caranya 
Buka local area connection > propertis >internet protocol ( TCP/IP) > 
punya saya saya isi sbb:
IP addres               192.168.1.101
Subnet Mask          255.255.255.0
Default Gateway    192.168.1.1
kalau yang di bawah ini nggak boleh sama, harus sesuai dengan milik anda masing masing.

Preferet DNS server : kalau ini isi sesuai DNS yang ada di TP link yng kita dapat waktu kita tadi menyeting
Alternet DNS server : ini juga harus sama dengan hasil di TP link,

kalau sudah selesai kita bisa langsung internetan.

10 comments:

  1. yang detail dong ngasih cara" nginstalnya.
    perasaan yang diatas mah kaya yang belum detail bos.

    ReplyDelete
  2. ma'f klu msh kurang detail, soalnyx saya posting sesuai dng saya praktekan dan itu smua berhasil.

    ReplyDelete
  3. tipe tp link saya TL-MR3420 yg lama v1 apa bisa di upgrade menjadi v2?
    updatenya pilih yg mana mas?

    ReplyDelete
  4. bisa di upgrade ke V2, untuk panduan upgrade silahkan searching di om google banyak artikel untuk panduan upgrade tp-link dri V1 ke V2

    ReplyDelete
  5. klo dari tplink inikita masukin ke hub buat warnet apa bisa ya,..untuk konek nya pake modem usb?

    ReplyDelete
  6. bisa Gan tergantung Agan berlanganan paket internetan 512kbps untuk 4 PC sudah lumayan, tapi kurang maksimal Gan saran saya mending berlangganan speedy aja Gan murah sering dpt promo tiap bulan dan tahun.

    ReplyDelete
  7. makasih gen... informasinya skrg tp link aku punya dah oke.

    ReplyDelete
  8. @joshua sma2 gana..terimah kasih tlh berkunjung

    ReplyDelete