Tuesday, January 15, 2013

Cara Install LibreOffice di Linux

Sebelum masuk ke penginstalan tentunya terlebih dahulu kita harus tau apa itu LibreOffice agar teman-teman tidak asal menginstall, karena jika kita ingin menginstall sesuatu kita harus tau fungsinya, jadi jangan cuman asal install banyak aplikasi di komputer/laptop kita tetapi tidak tau fungsinya. ok. 

Apa Itu LibreOffice :
LibreOffice adalah sebuah paket aplikasi perkantoran yang kompatibel dengan aplikasi perkantoran besar seperti Microsoft Office atau OpenOffice.org dan tersedia dalam berbagai platform. Tujuannya adalah menghasilkan aplikasi perkantoran yang mendukung format ODF tanpa bergantung pada sebuah pemasok dan keharusan mencantumkan hak cipta. Nama LibreOffice merupakan gabungan dari kata Libre (bahasa Spanyol dan Perancis yang berarti bebas) dan Office (bahasa Inggris yang berarti kantor). Sebagai sebuah perangkat lunak bebas dan gratis, LibreOffice bebas untuk diunduh, digunakan, dan didistribusikan. LibreOffice merupakan proyek pengembangan dari OpenOffice.org yang sejak tahun 2010 sudah diakuisisi oleh Oracle.

Ok langsung saja gunakan console/terminal untuk menginstall LibreOffice-nya dengan cara Ctrl+Alt+T maka akan tampil jendela terminal seperti gambar berikut :


Ketikan Perintah dibwah ini di dalam terminal :
1. add-apt-repository ppa:libreoffice/ppa
2. apt-get update
3. apt-get dist-upgrade
4. apt-get remove lo-menubar
5. apt-get install lo-menubar
6. apt-get purge openoffice*
7. apt-get install libreoffice

untuk Gnome
1. apt-get install libreoffice-gnome

untuk Kde
1. apt-get install libreoffice-kde

Owh iya saya lupa jika teman-teman ingin menginstall LibreOffice dengan menggunakan perintah diatas dengan menggunakan terminal/console, teman-teman harus Connect dengan internet.


Selamat Mencoba :

 

No comments:

Post a Comment