Tuesday, May 20, 2014

Cara Membuat Aplikasi Kalkulator Sederhana Dengan Netbeans

Ass... Pada artikel kali ini saya akan membagikan cara membuat aplikasi kalkulator sederhana menggunakan Nerbeans.
untuk membuat Aplikasi Kalkulalator Sederhana Berbasis Java Desktop di Netbeans sangatlah mudah hanya dengan waktu 5 menit anda sudah bisa membuat aplikasi kalkultor sederhana.

Dalam pembuatan Aplikasi Kalkulator sederhana ini.
Hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstall JDK dan Netbeans.
 

Perlu kawan-kawan ketahui didalam pembuatan sebuah program/aplikasi bisa berjalan dan tidak berjalan adalah dari coding programnya jika kita salah mengetik atau kurang tanda titik koma saja bisa berakit fatal dan program kita bisa error atau tidak bisa berjalan.  mungkin saya tidak akan bercerita lagi kita langsung saja masuk ke langkah-langkah pembuatan Aplikasi Kalkulatornya.

Komponen-komponen yang digunakan dalam pembuatan aplikasi kalkulator sederhana :
  • JLabel
  • JTextField
  • JButton
Langkah - Langkah :
  1. Buat sebuah Project Baru dengan cara klik File+New Project pada Netbeans anda.
  2. Jika sudah langkah selanjutnya pilih Java --> Java Aplication seperi gambar berikut : 
  3. Buatlah Project dengan nama Kalkulator Sederhana jangan lupa klik Finish seperti gambar berikut
  4.  Langkah Selanjutnya klik kanan pada nama Project yang telah kita buat tadi kemudian pilih JFrameForm seperti gambar dibawah ini : 
  5.  Jika sudah kemudian buatlah desain Form kalkulator sederhananya seperti gambar dibawah ini : 
  6. Kemudian pada JTextField yang kosong dan tombol Button"+, -, /, x" dan label hasil yang angka "0" buatlah nama variable yang mudah diingat agar pada saat deklarasi variabel pada saat koding tidak perlu bolak balik melihat nama variabelnya. cara membuat nama variabel dengan cara klik kanan pada JTextField1 kemudian pilih Change Variabel Name dan masukan nama varibelnya dengan pertama seperti gambar berikut : 
    Lakukan hal yang sama pada JTextField2 dengan nama varibel "kedua", pada tombol Button + dengan nama "tambah", Button - dengan nama "kurang",  Button / dengan nama variabel "bagi", Button  x dengan nama "kali", pada JLabel1 0 buatlah nama variabel dengan "hasil", dan pada Button Bersihkan dengan nama variabel "bersih".  

  7. Jika sudah memasukan nama variabel pada tiap-tiap komponen seperti yang saya sebutkan diatas  Langkah Selanjutnya kita buat koding programnya. Pada tombol Butoon + klik kanan kemudian pilih "Event+Action+actionPerformed" ketikan source code-nya seperti ini.
Sorce Code Tombol Button "-" 
Source Code Tombol Button "/" 
 
Sorce Code Tombol Button "x" 
 
Source Code Tombol Button "bersihkan"
 
 Hasil Output dari sorce code diatas :

Gimana tertarik membuat aplikasi seperti diatas...?? 

No comments:

Post a Comment